Jamin Asal Bahan Baku, KKP Lakukan Ketelusuran Produk Perikanan

image Jamin Asal Bahan Baku, KKP Lakukan Ketelusuran Produk Perikanan

Sistem pengendalian jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan sangat penting dalam rangka pemenuhan persyaratan ekspor dari negara tujuan. Keberadaan Sulawesi Selatan memiliki peran penting dalam kelancaran arus lalu lintas ekspor dan impor komoditi perikanan di Indonesia Timur.

 

Komoditi perikanan yang berasal dari Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara dan Papua diolah pada 95 Unit Pengolahan Ikan yang berada di Makassar Sulawesi Selatan.

Salah satu indikator sistem jaminan mutu sesuai dengan standar internasional adalah produk perikanan yang dihasilkan mampu ditelusuri asal bahan bakunya. Penerapan sistem ketelusuran telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari mata rantai produksi, distribusi dan konsumsi produk pangan.

Agar suatu produksi dapat ditelusuri riwayat asal maupun rantai distribusinya dengan mudah, produsen harus memiliki catatan dan mendokumentasikan informasi mulai dari bahan baku, proses pengolahan selama distribusi/penyimpanan, pemasaran hingga ke tangan konsumen.

Mengingat pentingnya hal tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa Timur melakukan kegiatan monitoring ketelusuran bahan baku hasil perikanan yang masuk ke wilayah propinsi Jawa Timur.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjamin mutu dan keamanan bahan baku hasil perikanan yang dikirim dari Sulawesi Selatan tujuan ke Jawa Timur, memantau rantai pasok suplier serta GMP/SSOP penanganan bahan baku yang dikirim ke Jawa Timur,” kata Ir. Sitti Chadidjah, M.Si (Kepala Balai Besar KIPM Makassar).

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 – 15 September 2018. Indikator keberhasilan dari kegiatan ini adalah terciptanya sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan yang mampu telusur dari hulu ke hilir.

Kegiatan ini difokuskan pada suplier dan Unit Pengolahan Ikan di kota Makassar yang melakukan pengiriman ikan demersal dan pelagis tujuan Jawa Timur.

Sumber: https://www.portalmakassar.com